Contoh Makalah, Contoh Skripsi
Mar2

Contoh Pendahuluan Laporan KKN

0 comment

Contoh Pendahuluan Laporan KKNContoh Pendahuluan Laporan KKN dapat anda baca seperti di bawah ini :

PENDAHULUAN

UIN Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu institusi pendidikan yang ada, tentunya melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, pengajaran, penelitian ilmiah dan pengabdian pada masyarakat) yakni setiap berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia serta fasilitas penunjang dalam kehidupan masyarakat yang diaktualisasikan dan dikemas dalam sebuah program Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu aktivitas perkuliahan lapangan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat oleh UIN adalah pemanfaatan secara langsung ilmu pemgetahuan, khususnya agama yang dilakukan oleh mahsiswa, baik melalui pendidikan dan pengajaran maupun penelitian ilmiah kepada masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan dengan niat ikhlas untuk mengabdi dalam menunaikan misi UIN.

Kuliah kerja nyata (KKN) adalah perwujudan dari Tri Dharma perguruan tinggi. Yang merupakan kegiatan intrakulikuler yang wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selain sebagai media sosialisasi dan pengabdian masyarakat dalam bentuk formal akademis serta setitik peran mahasiswa sebagai pendorong dalam memperlancar jalannya proses pembangunan masyarakat. Juga sebagai wahana mahasiswa untuk bisa mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu yang dipelajarinya, untuk kemudian disosialisasikan manfaatnya bagi masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan mampu berperan aktif dalam rangka pembangunan baik materiil maupun spiritual, sehingga tercipta masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, dan bertakwa kepada Allah SWT.

Dengan demikin perlu adanya penyusunan Rencana Program Kerja KKN untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Penyusunan program kerja ini tidak lain merupakan bagian dari usaha mahasiswa dalam keikutsertaannya membangun dan memberdayakan serta memecahkan persoalan-persoalan yang ada dalam masyarakat. Adapun program kerja akan saya lakukan secara garis besar terbagi dalam dua macam bidang, sebagai berikut:
1. Bidang Kefakultasan/Jurusan/Prodi
2. Bidang Penunjang (Prasarana Fisik dan Lingkungan Hidup Pendidikan, Sosial Budaya)

KKN UIN angkatan ke-70 ini dilaksanakan di Dusun Siwalan, Kelurahan Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Propinsi D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama dua bulan sejak 12 Juli – 28 Agustus 2010, dan diharapkan dapat dijadikan sebagai media dakwah dalam menyebarkan nilai-nilai ajaran agama, baik dalam kehidupan sosial, budaya, ekonomi, pendidikan maupun agama, sehingga mobilitas masyarakat selalu berada dalam koridor moral agama.

Yang tentunya kami berharap program kerja yang akan saya lakukan nantinya dapat berarti dan dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada khususnya. Akhirnaya saya menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT semoga semua program kerja yang telah saya susun dapat terealisasi dan berjalan dengan baik.

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts