Pengetahuan
Mar2

Pengertian Pemanasan Global Warming

Pengertian Pemanasan Global WarmingPemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata atmosfer bumi, laut dan daratan bumi. Temperature rata-rata bumi secara global meningkat 0.74 ± 0.18 °C selama seratus tahun terakhir. Pemanasan Global Warming disebabkan oleh efek rumah kaca, efek timbal balik, variasi matahari.

A. Pengertian Efek rumah kaca

Matahari sebagai sumber energi utama mengirimkan energinya berupa radiasi gelombang pendek. Energi ini akan berubah menjadi energi panas ketika mengenai permukaan bumi, sebagian energi panas ini dipantulkan ke luar angkasa dalam bentuk gelombang panjang yaitu infra merah tetapi sebagian lagi terperangkap di dalam atmosfer bumi. Gelombang ini terperangkap oleh zat-zat metana (CH4), karbondioksida (CO2) serta uap air yang berasal dari aktivitas alam dan manusia sehingga gelombang energi dari matahari tadi akan menumpuk di atmosfer dan membuat suhu bumi semakin naik. Tetapi aktivitas alami tidak begitu banyak membawa pengaruh terhadap gas rumah kaca tersebut.

B. Pengertian Efek Timbal Balik

Pemanasan global dapat disebabkan oleh proses timbal balik dari proses-proses yang ada di bumi ini. Misal hilangnya kemampuan memantulkan cahaya oleh gunung es. Ketika suhu bumi meningkat, es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Bersamaan dengan melelehnya es tersebut, daratan atau air dibawahnya akan terbuka. Baik daratan maupun air memiliki daya untuk memantulkan cahaya lebih sedikit daripada es. Akibatnya dataran atau air tersebut akan menyerap lebih banyak radiasi matahari. Hal ini akan meningkatkan pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair, menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.

C. Pengertian Variasi matahari

Variasi matahari dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini. Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan lapisan matahari yaitu stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960yang tidak akan terjadi bila aktivitas Matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini.

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts