Pengetahuan
Apr4

Fungsi Atmosfer Adalah

0 comment

Fungsi Atmosfer – Keberadaan atmosfer yang menyelimuti seluruh permukaan bumi memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan hidup berbagai organisme di muka bumi. Setelah kita tahu Apa sih Pengertian Atmosfer ? kita juga perlu mengetahui fungsinya untuk kehidupan kita.

Fungsi Atmosfer Adalah

Fungsi Atmosfer antara lain adalah:

  1. Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. Peran Atmosfer dalam mengurangi radiasi matahari sangat penting. Apabila tidak ada Lapisan Atmosfer dan  bila 100% radiasi matahari diterima oleh permukaan bumi, maka suhu permukaan bumi akan sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak ada organisme yang mampu bertaham hidup, termasuk manusia.
  2. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi. Dalam mendistribusikan air antar wilayah di permukaan bumi, peran atmosfer ini terlihat dalam siklus hidrologi. Tanpa adanya atmosfer yang mampu menampung uap air, maka seluruh air di permukaan bumi hanya akan mengumpul pada tempat yang paling rendah. Sungai-sungai akan kering, seluruh air tanah akan merembes ke laut, sehingga air hanya akan mengumpul di samudera dan laut saja.  Pendistribusian air oleh atmosfer  ini memberikan peluang bagi semua mahluk hidup untuk tumbuh dan berkembang di seluruh permukaan bumi.
  3. Menyediakan okisgen dan karbon dioksida. Selain itu, atmosfer dapat menyediakan oksigen bagi mahluk hidup. Kebutuhan tumbuhan akan CO2 juga dapat diperoleh dari atmosfer.
  4. Sebagai penahan Meteor yang akan jatuh ke bumi.

Setelah kita mengetahui Fungsi Atmosfer, jadi makin penasaran kan hal lain yang terkait Atmosfer. Kita bisa juga simak info terkait Struktur Lapisan Atmosfer Bumi.

Rate this article!

Fungsi Atmosfer Adalah,0 / 5 ( 0votes )
  • SHARE!

Related Posts