Fisika, Kuliah
Apr19

Macam – Macam Arus Listrik

0 comment

Macam – Macam Arus Listrik -  Arus Listrik sangat erat kaitannya dengan Rangkaian Listrik. Untuk memahami tentang listrik, perlu kita ketahui terlebih dahulu Pengertian Arus Listrik. Arus merupakan perubahan kecepatan muatan terhadap waktu atau muatan yang mengalir dalam satuan waktu dengan simbol i (dari kata Perancis : intensite), dengan kata lain Arus adalah muatan yang bergerak. Selama muatan tersebut bergerak maka akan muncul arus tetapi ketika muatan tersebut diam maka arus pun akan hilang. Muatan akan bergerak jika ada energi luar yang mempengaruhinya. Muatan adalah satuan terkecil dari atom atau sub bagian dari atom. Dimana dalam teori atom modern menyatakan atom terdiri dari partikel inti (proton bermuatan + dan neutron bersifat netral) yang dikelilingi oleh muatan elektron (-), normalnya atom bermuatan netral.

Muatan terdiri dari dua jenis yaitu muatan positif dan muatan negatif. Arah arus searah dengan arah muatan positif (arah arus listrik) atau berlawanan dengan arah aliran elektron. Suatu partikel dapat menjadi muatan positif apabila kehilangan elektron dan menjadi muatan negatif apabila menerima elektron dari partikel lain.

Macam - Macam Arus Listrik

Coulomb adalah unit dasar dari International System of Units (SI) yang digunakan untuk mengukur muatan listrik.
Simbol : Q                            = muatan konstan
              q                            = muatan tergantung satuan waktu
              muatan 1 elektron = -1,6021 x 10-19 coulomb
             1 coulomb               = -6,24 x 1018 elektron

Secara matematis arus didefinisikan sebagai i = dq/dt
Satuan arus listrik adalah Ampere (A)

Dalam teori rangkaian arus merupakan pergerakan muatan positif. Ketika terjadi beda potensial di suatu elemen atau komponen maka akan muncul arus dimana arah arus positif mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah dan arah arus negatif mengalir sebaliknya.

Macam – Macam Arus Listrik :

  • Arus searah (Direct Current/DC)

Arus DC adalah arus yang mempunyai nilai tetap atau konstan terhadap satuan waktu, artinya dimana pun kita meninjau arus tersebut pada wakttu berbeda akan mendapatkan nilai yang sama.

Macam - Macam Arus Listrik

Gambar Arus DC

  • Arus bolak-balik (Alternating Current/AC)

Arus AC adalah arus yang mempunyai nilai yang berubah terhadap satuan waktu dengan karakteristik akan selalu berulang untuk perioda waktu tertentu (mempunyai perida waktu : T).

Macam - Macam Arus Listrik

Demikian penjelasan tentang Macam – Macam Arus Listrik. Untuk menambah pengetahuan kita tentang Listrik, kita juga bisa baca Konsep Rangkaian Listrik dan Pengertian Arus Listrik dan Tegangan Listrik.

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts