Kuliah, Pengetahuan
Apr23

Metabolisme Mikroorganisme

1 comment

Metabolisme Mikroorganisme – Ilmu Biologi tidak lepas dari pembahasan Metabolisme Mikroorganisme. Pengertian Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam sel yang menyebabkan terjadinya aliran energi dan melibatkan aktifitas sejumlah enzim. Metabolisme di dalam sel dapat dibedakan menjadi katabolisme (jalur pemecahan senyawa komplek menjadi yang lebih sederhana misal energi dan bahan-bahan lain) dan anabolisme yang merupakan proses sintesis senyawa komplek dari bentuk sederhana untuk pembentukan struktur sel. Katabolisme menghasilkan energi sedangkan anabolisme membutuhkan energi.

Berdasarkan tipe nutrisi atau sumber energi yang digunakan, mikrobia dapat dikelompokkan menjadi:

  • Heterotrof. Termasuk dalam kelompok ini adalah mikroorganisme yang menggunakan molekul organic sebagai sumber energi (disebut juga kemo-organotrof)
  • Autotrof yaitu mikroorganisme yang dapat mensintesis sendiri kebutuhan hidupanya. Mikroorganisme autotrof ada yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi dikenal fotoautotrof dan ada pula yang menggunakan energi dari hasil reaksi reduksi oksidasi tanpa menggunakan sinar matahari yang dikenal sebagai kemoautotrof.
Metabolisme Mikroorganisme

Mikroorganisme dapat dikelompokkan juga berdasarkan sifat organik atau anorganik donor elektron yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Berdasarkan sifat tersebut, mikroorganisme dikelompokkan menjadi mikroorganisme litotrof yang menggunakan bahan anorganik sebagai donor elektron; dan mikroorganisme organotrof yang menggunakan bahan-bahan organik sebagai donor elektron.

Kombinasi antara sumber energi dan donor elektron yang dibutuhkan dapat membagi mikroorganisme menjadi kelompok-kelompok :

  1. Fotolitotrof yaitu mikroorganisme yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi dan menggunakan senyawa anorganik sebagai donor elektron. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah bakteri-bakteri fotosintetik.
  2. Fotoorganotrof adalah mikroorganisme yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi tetapi donor elektronnya menggunakan bahan organik. Contoh mikroorganisme ini adalah dari ordo Pseudomonadales.
  3. Kemolitotrof yang menggunakan sumber energi dari reduksi oksidasi senyawa anorganik dan menggunakan bahan anorganik sebagai donor elektron Contoh: bakteri sulfur, bakteri nitrogen dan bakteri yang berperan dalam nitrifikasi.
  4. Kemoorganotrof merupakan kelompok mikroorganisme yang menggunakan hasil reduksi oksidasi senyawa organik sebagai donor elektron. Mikroorganisme yang termasuk dalam kelompok ini adalah mikroorganisme heterotrofik.

Itulah penjelasan mengenai Metabolisme Mikroorganisme. Semoga bermanfaat…

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts