Pengetahuan
Apr4

Pengertian Atmosfer

0 comment

Pengertian AtmosferAtmosfer adalah satu kata atau istilah yang sering kita dengar dan kita sebut dalam kehidupan sehari-hari. Tapi apa sih sebenarnya Pengertian Atmosfer itu ? Pengertian Atmosfer sebagai salah satu Struktur Lapisan Bumi, Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km. Gerakan udara dalam atmosfer terjadi terutama karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi.  Perputaran ini akan mengakibatkan bergeraknya massa udara, sehingga terjadilah perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di dalam atmosfer yang dapat menimbulkan arus angin.

Pengertian Atmosfer

Pada lapisan atmosfer terkandung berbagai macam gas. Berdasarkan volumenya, jenis gas yang paling banyak terkandung pada Lapisan Atmosfer berturut-turut adalah :

  • Nitrogen (N2) sebanyak 78,08%
  • Oksigen (O2) sebanyak 20,95% 
  • Argon sebanyak 0,93%
  • Karbondioksida (CO2) sebanyak 0,03% 

Berbagai jenis gas lainnya juga terkandung dalam Atmosfer, tetapi dalam konsentrasi yang jauh lebih rendah, misalnya Neon (Ne), Helium (He), Kripton (Kr), Hidrogen (H2), Xenon (Xe), Ozon (O3), Metan dan juga uap air. Di antara gas-gas yang terkandung di dalam atmosfer tersebut, Karbondioksida terkandung dalam konsentrasi yang bervariasi dari tempat ke tempat, sedangkan Uap air terkandung dalam konsentrasi yang bervariasi dari waktu ke waktu.

Keberadaan Atmosfer sangat penting bagi kehidupan manusia di Bumi, untuk itu kita juga perlu mengetahui Fungsi Atmosfer bagi kehidupan. Selain itu, Atmosfer Bumi juga terdiri dari beberapa Struktur Lapisan Atmosfer Bumi yang juga perlu kita ketahui.

Rate this article!

Pengertian Atmosfer,0 / 5 ( 0votes )
  • SHARE!

Related Posts