Kuliah, Pengetahuan
Apr19

Pengertian Proses Fotosintesis

0 comment

Pengertian Proses Fotosintesis – Pada saat kita mempelajari Biologi di sekolah, kita akan menemui yang namanya Fotosintesis sebagai salah satu materi yang dipelajari dalam Biologi. Fotosintesis merupakan salah satu materi Biologi yang menarik dan sangat berguna bagi kehidupan di Bumi ini. Dengan adanya Proses Fotosintesis pada tumbuhan hijau, kita dapat menghirup udara segar. Lalu apa sih sebenarnya Pengertian Proses Fotosintesis itu ?

Fotosintesis adalah perubahan energi cahaya menjadi energi kimia. Proses Fotosintesis membutuhkan Cahaya matahari. Organisme yang melakukan fotosintesis disebut fototrof. Kebanyakan organisme fototrof juga Autotrof, mampu tumbuh dengan CO2 sebagai satu-satunya sumber karbon. Energi dari cahaya kemudian digunakan untuk mereduksi CO2 menjadi senyawa organik. Kemampuan untuk berfotosuntesis tergantung pada kehadiran pigmen yang sensitif cahaya, klorofil, yang ditemukan di tanaman, alga, dan beberapa bakteri. Cahaya mencapai organisme fototrofik untuk membedakan unit-unit energi yang disebut kuanta. Absorpsi kuanta cahaya oleh pigmen klorofil memulai proses konversi energi fotosintetik.

Pengertian Proses Fotosintesis

Foto Proses Fotosintesis

Proses Fotosintesis dapat dibagi menjadi dua fase yaitu Reaksi Terang dan Reaksi Gelap. Reaksi terang memerlukan cahaya dan unik untuk mikroorganisme fotosintetik. Perangkat seluruh mikroba fotosintetik mengandung kompleks penangkap cahaya yang mengumpulkan cahaya menggunakan pigmen fotosintetik (fotopigmen), pusat reaksi yang mengandung elektron yang dapat tereksitasi pada molekul Klorofil dan serangkaian enzim yang terlibat dalam transport elektron. Energi cahaya dari matahari dalam bentuk foton diabsorbsi oleh kompleks penangkap cahaya pada membran. Energi ini mengumpul di pusat reaksi dan mengeksitasi elektron yang kemudian ‘menjatuhkan’ serangkaian pembawa elektron.

Rangkaian reaksi elektron (electron cascade) menghasilkan gradien proton pada tampilan yang sama yang diamati untuk fosforilasi level transport elektron. Hasil akhir pergerakan elektron pada Reaksi Terang Proses Fotosintesis ini adalah produksi ATP dan mengurangi energi dalam bentuk NAD(P)H.

Reaksi gelap secara jelas tidak memerlukan cahaya dan melibatkan enzimologi. Reaksi gelap tidak seperti reaksi terang, dimana cahaya mutlak diperlukan untuk melangsungkan reaksi fotokimia, reaksi gelap tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan produk reaksi terang, ATP dan NADH. Reaksi gelap membutuhkan sumber karbon melalui fiksasi CO2 (Siklus Calvin). Siklus Calvin memerlukan NAD(P)H dan ATP dan dua enzim kunci, ribulose bifosfat karboksilase dan fosforibulokinase. Sisa siklus digerakkan oleh serangkaian enzim yang berada di banyak organisme baik autotrof maupun heterotrof.

Itulah info mengenai Pengertian Proses Fotosintesis, semoga bermanfaat…

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts