Kuliah, Pengetahuan
Apr15

Sejarah Mikrobiologi

0 comment

Sejarah Mikrobiologi – Mikrobiologi sebagai salah satu cabang ilmu Biologi adalah hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Setelah kita tahu Pengertian Mikrobiologi, ga ada salahnya kalo kita juga tahu Sejarah Mikrobiologi. Karena sejarah memiliki arti yang sangat penting. Terus Siapa aja sih tokoh-tokoh yang berperan penting dalam bidang Mikrobiologi ini ?

Mikrobiologi berkembang karena adanya keingintahuan manusia tentang berbagai kejadian alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kejadian-kejadian alam yang ada menimbulkan berbagai pertanyaan, misalnya Mengapa daging mudah mengalami pembusukan?, Apa penyebab penyakit suatu tanaman atau hewan?, dan lain sebagainya. Untuk menjawab berbagai pertanyaan itu maka dilakukan berbagai percobaan untuk mengungkapkannya. Siapa saja tokoh-tokoh yang mencatat Sejarah Mikrobiologi ?

Sejarah Mikrobiologi

Penemuan Mikrobia
Beberapa tokoh yang berperan dalam penemuan mikrobia diantaranya :

  • Robert Hooke (1635-1703)

Robert Hooke adalah seorang peneliti dari Inggris yang pertama kali menemukan mikroskop. Hasil pengamatan Robert Hooke dipublikasikan dengan judul Micrographia (1664). Hasil karyanya yang lain adalah membuat deskripsi tentang jamur benang mikroskopik yang tumbuh di permukaan kulit serta melakukan pengamatan mikroskopi jaringan dengan struktur yang berupa ruang-ruang kecil. Ruang-ruang kecil tersebut selanjutnya dikenal sebagai Sel.

  • Antony Van Leeuwenhoek (1632 – 1723)

Antony Van Leeuwenhoek adalah seorang penguji rasa anggur dari Belanda, yang juga bekerja di pabrik tirai dari linen. Dia selalu menggunakan kaca pembesar untuk menguji kualitas bahan tekstil, selanjutnya ia mengembangkan lensa menjadi mikroskop sederhana. Dengan mikroskop ini, dia melakukan pengamatan berbagai jasad renik yang hidup dalam setetes air. Leeuwenhoek adalah orang pertama yang mendeskripsikan hewan mikroskopik yang disebut protozoa dan bakteri. Semua bentuk kehidupan itu disebut animalcules. Leeuwenhoek juga menemukan bakteri dari mulut manusia.

  • Paul Ehrlich dan Christian Gram

Pengamatan mikrobia secara mikroskopik selanjutnya diikuti dengan berkembangnya teknik pewarnaan metilen biru yang diperkenalkan oleh Paul Ehrlich (1881). Teknik pewarnaan sel bakteri dikembangkan lebih lanjut oleh Christian Gram (1884) yang dikenal dengan Teknik Pewarnaan Gram. Teknik ini merupakan teknik pewarnaan diferensial untuk klasifikasi bakteri, yang tergantung pada struktur dinding sel bakteri.

Itulah Sejarah Mikrobiologi yang melibatkan ilmuwan-ilmuwan biologi yang penemuannya sangat bermanfaat bagi kita semua. Simak juga artikel lain yang terkait sejarah, yaitu Sejarah Ilmu Kimia.

Rate this article!

Sejarah Mikrobiologi,0 / 5 ( 0votes )
  • SHARE!

Related Posts